Kawah Puncak Darajat


RP. 30.000,-

Langsung Pesan !


Dari Daftar Tempat Wisata di Garut yang sudah saya bahas sebelumnya, ternya Kawah Puncak Darajat termasuk salah satu yang akan saya bahas dalam postingan saya kali ini. Benar sekali, memang jika kita membahas tentang berbagai keunikan, keindahan, keanekaragaman, serta kenyamanan yang diberikan oleh pemerintah setempat untuk kenyamanan para wisatawan saat berkunjung ke salah satu tempat wisata di Garut itu tidak akan ada habisnya. 

Bila Tutorial Kio Waluyo sebelumnya membahas tentang Wisata Air Panas Garut, kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit namun akan sangat bermanfaat sekali untuk anda yang membutuhkan, yaitu tentang Kawah Puncak Darajat. Jika anda selama ini hanya mengenal atau mengetahui bahwa Garut ini hanya memiliki Kawah Kamojang Garut, hal itu akan saya luruskan bahwa ternyata Garut juga masih memiliki Kawah Puncak Darajat yang apabila dilihat dari segi aspek wisatanya kawah ini lebih menarik jika dibandingkan dengan kawah kamojang. 

Mungkin wajar, jika anda bukan warga Garut atau bahwa warga Garutnya sendiri ada yang tidak tahu mengenai kawah ini. Karena minimnya pemberitahuan atau informasi baik itu oleh pemerintah ataupun mereka yang berhubungan dengan kawah darajat ini. 

Kawah Puncak Darajat 


Kawah Darajat atau Kawah Puncak Darajat terdapat di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Garut Jawa Barat. Seperti layaknya di kawah kamojang, yang menarik dari objek wisata ini adalah berupa kawah yang dihasilkan dari uap panas dalam tanah serta reka bentuk alam berupa pegunungan dan perkebunan. Biasanya, ada beberpa aktivitas yang dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke kawah darajat ini seperti penelitian gunung berapi, wisata tracking atau menikmati pemandangan alami pegunungan. Pengelolaan kawah ini sekarang ditangani oleh PT. Amoses yang telah bekerjasama dengan PT. Pertamina. Namun sebenarnya kawah ini memiliki status kepemilikan lahan oleh PT. Perhutani.

Kawah Puncak Darajat
Kawah Puncak Darajat

Jika anda menghitung luas, kawah ini memiliki luas sekitar 40 Ha. Karena sebenarnya kawah ini bukan seperti objek wisata pada umumnya, jadi apabila anda ingin melakukan aktivitas wisata di tempat ini, maka anda harus memiliki izin terlebih dahulu dari pihak-pihak terkait. Perizinan ini dilakukan sebab kawasan wisata ini merupakan kawasan perindustrian dan juga bahaya gas alam.

Kurang menarik memang jika anda hanya ingin berwisata ke Kawah Darajat ini, akan tetapi jika niat anda untuk berwisata ke Darajat Pass Waterpark, ada baiknya anda juga mengunjungi kawah darajat karena lokasinya tidak terlalu jauh, dan kendaraan yang menuju ke tempat wisata ini terbilang sangat sedikit jadi sangat cocok apabila niat anda berwisata yaitu untuk menyepi dari penatnya kesibukan kerja anda di kantor.

Hal lain yang menarik dari tempat ini adalah kualitas lingkungan yang dimilikinya sangat terjaga, itu terlihat dari tingkat kebersihan dan bentang alam yang sangat terjaga pula. Nah untuk ukuran kawasan industri, kawah ini tergolong bersih dari tingkat pencemaran serta vandalisme.

No comments:

Post a Comment

Yakinkan kami bahwa Anda bukan Spammer :p (Gunakan Firefox jika tanda centang tidak muncul)

Hubungi Kami